Home » » Cara membuat blog yang SEO Frienldy

Cara membuat blog yang SEO Frienldy



Cara membuat blog yang SEO Frienldy adalah hal yang membuat banyak blogger harus bekerja keras dan memeras isi kepalanya, saya tahui hal ini karena setiap kali saya menulis artikel yang berkaitan dengan SEO saya selalu mendapatkan komentar dari para Blogger yang mengatakan topik tersebut terlalu luas untuk dipelajari hanya membuang-buang waktu dan mereka akan lebih baik mereka fokus untuk menulis konten yang berkualitas dengan niche blog mereka masing-masing..

Selama ini saya tidak pernah meragukan bahwa konten yang berkualitas serta unik adalah merupakan hal yang penting dan menjadi prioritas dalam pembuatan artikel, pada kenyataannya terdapat jutaan artikel ditulis dengan tata bahasa yang sangat bagus serta menarik namun tetap berada diposisi bawah pada search engine, halaman tersebut tidak dapat diindex oleh search engine dikarenakan Admin blognya telah gagal untuk memahami tentang arti sebuah konten yang berkualitas dan unik, ini hanya sebuah contoh kecil dari sebuah proses yang tidak difahami seutuhnya, seharusnya mereka lebih fokus bagaimana  caranya agar blog mereka mendapat peringkat yang tinggi pada search engine.

Banyak orang bertanya, cara agar mendapatkan rangking yang tinggi pada Search Engine ?

Jika anda melihat sebuah blog dengan rangking sangat  tinggi dalam search engine, saya tidak begitu  mengerti kenapa hal itu bisa terjadi atau bagaimana semua itu terjadi, yang saya lakukan adalah tetap mempelajari SEO dan melakukan banyak percobaan. Saya juga banyak membaca artikel di blog lain mengenai artikel sejenis ini, dan semakin saya membacanya  membuat saya semakin menyadari bahwa saya ternyata tidak sendiri dalam pekerjaan seperti ini, hampir setiap artikel yang pernah saya baca merupakan artikel yang sangat baik dalam hal-hal tertentu.

Penjelasan utama saya untuk lebih mengoptimalkan blog mereka pada Search Engine adalah dengan membuat artikel simple. Mulai dengan konten yang berkualitas serta unik.

Ketika saya memikirkan tentang bagaimana membuat blog yang SEO friendly, saya fokus  kedalam dua strategi penting, yaitu  strategi  SEO onsite dan strategi offsite. strategi SEO ‘offsite’ yaitu lebih kepada apa yang dapat dilakukan orang lain pada blog mereka sehingga mereka dapat memberikan link kepada anda, sementara strategi  SEO ‘onsite’ adalah bagaimana anda  lebih mengontrol tulisan artikel yang ada di blog anda.

Strategi SEO Off Site

Strategi SEO Off site  seperti namanya lebih banyak melibatkan faktor dari luar situs, sebagai contoh dari situs lain yang berdampak langsung terhadap peningkatan rangking blog anda pada search engine. Pada umumnya faktor ini kebanyakan diluar kendali anda, namun demikian anda harus tetap mengetahui hal-hal seperti ini. Yang paling berdampak nyata terhadap blog anda dan mungkin ini adalah paling baik dari  strategi offsite  yaitu inbound link.

Secara umum banyak blogger profesional setuju bahwa inbound link adalah salah satu cara yang paling baik untuk menaikan halaman blog pada Search Engine. Sebagai ilustrasi sederhana, setiap link ke website anda dibaca oleh Search Engine sebagai referensi dari blog/web lain yang percaya  terhadap website anda.

Idealnya –  Inbound Link yang berkualitas memiliki hal berikut:
  •     Link berasal dari situs dengan rangking yang lebih tinggi daripada blog anda
  •     Link  mempunyai relevansi dengan topik artikel anda
  •     Link mereka terhadap anda menggunakan kata kunci yang sesuai dengan halaman anda
Kemungkinan tidak semua link yang anda dapatkan sesuai dengan ketiga kualitas diatas, mungkin juga anda mendapatkan link yang tidak bagus yang berasal dari web/blog yang sudah di  banned oleh search engine.

Lalu Bagaimana agar mendapatkan inbound link yang baik dan berkualias?

Tentu saja anda tidak akan mendapatkan link semudah yang dibayangkan, hal seperti ini terjadi dibanyak kasus. Lalu bagaimana cara anda mendapatkan Link ?

  • Kualitas konten – Banyak sekali situs yang menyediakan  generate link, tetapi menurut pendapat saya cara terbaik untuk mendapatkan link ke blog anda dengan menulis konten yang berkualitas sehingga orang tertarik membaca artikel anda. 
  • Mengunjungi blog orang lain yang mempunyai konten yang sama dengan blog anda-  Jangan melakukan spamming di blog orang lain, saya merekomendasikan kepada anda untuk menulis komentar yang baik dan menarik, sehingga blogger lain tertarik untuk berkunjung balik ke blog anda.
  • Direktori – Cara lain untuk membangun inbound link dengan cara menulis artikel di direktori. Saya tahu banyak webmaster mengambil banyak keuntungan dengan cara ini, banyak sekali penyedia direktori gratis anda dapat mencobanya salah satunya.
  • Membeli Link –  banyak blogger professional yang mempunyai dana untuk membeli link dari web yang mempunyai rangking lebih tinggi yang sesuai dengan kontent blog mereka. Namun berhati-hati Google akan menurunkan rangking blog yang melakukan paktek seperti ini. Google tidak dapat menangkap semuanya namun jika anda sudah tertangkap maka siap-siap anda akan kena penalti dari google. 
  • Tukar  Link –  hampir mirip denganmemberli link banyak blogger bertukar link dengan blogger lainnya,terkadang hal ini terjadi secara alami (anda berkunjung ke blog lain dan begitu pula sebaliknya) tetapi pada banyak kasus tukar link merupakan salah satu strategi dan diatur secara resmi antara pemilik blog. Banyak master SEO percaya bahwa search engine mempunyai cara untuk menelusuri cara-cara seperti ini.
Jika anda berminat untuk tukar link/membeli link/menjual program, mungkin anda dapat mencoba beberapa situs berikut:
- www.linkworth.com
- www.text-link-ads.com

Strategi SEO On Site

Tidak jauh berbeda saat menjelaskan cara optimasi search engine dengan cara ‘Off site’ sekarang saya akan memfokuskan ke beberapa faktor, cara mengelola blog anda agar dapat membangun rangking yang baik. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam teknik SEO kali ini saya mencoba untuk menjelaskan sebanyak mungkin yang saya bisa jelaskan:

1. Kata Kunci yang memiliki Kaya Makna – identifikasi beberapa kata kunci untuk artikel anda yang dapat di index dengan rating yang tinggi oleh google, jangan menggunakan terlalu banyak kata kunci namun pertimbangkanlah pertanyaan berikut
    Bagaimana saya meginginkan pengunjung untuk menemukan postingan ini di search engine?    Apa yang akan mereka ketik di Google jika mereka sedang mencari informasi yang sesuai dengan topik yang anda tulis?    Bagaimana saya ingin menemukan informasi dalam topik ini di search engine?    Hasil apa yang keluar jika saya memasukan kata kunci ini kedalam Google?    Kata kunci seperti apa yang digunakan oleh blog lain?
Pertanyaan seperti ini akan memberikan gambaran kepada anda kata kunci seperti apa yang akan anda gundakan pada artikel yang sedang anda buat.
Kata kunci ini dibutuhkan dibeberapa bagian didalam artikel anda, gunakan kata kunci ini dibeberapa bagian postingan berikut:
    Kata kunci didalam Postingan dan Title halaman    Kata kunci didalam URL    Kata kunci pada outbound    Kata kunci pada tag bold    Kata kunci didalam tag heading    Kata kunci pada alt tag gambar    Kata kunci diseluruh bagian postingan– tetapi yang terbaik adalah berada pada paragraf pertama postingan anda    Kata kunci pada meta tag (namun sepertinya hal ini kurang berfungsi dengan baik, tetapi masih banyak yang meyakini kata kunci pada meta tag masih berfungsi dengan baik dibeberapa search engine.
Tentu saja anda dapat membuat kata kunci sebanyak mungkin dalam postingan anda yang mungkin akan membuat isi konten menjadi jelek, jika anda terlalu banyak memasukan kata kunci kebeberapa bagian diatas itu menghabiskan waktu yang banyak. Banyak SEO Expert merekomendasikan membangun kata kunci dalam konten berkisar antara 5-20%, saya rasa 20% sudah cukup diseluruh konten anda.
Jangan suguhkan pembaca anda dengan pengalaman buruk berkunjung ke blog anda hanya untuk mengejar kepentingan SEO yang anda. Memang benar kata kunci akan sangat penting untuk meningkatkan rangking pada search engine, namun lebih penting lagi adalah adalah konten dan design yang user friendly dan berguna untuk pembaca.

2. Design Blog – Seaerch engine sangat menyukai lay out blog yang baik, code yang baik dan navigasi blog yang mudah, Pastikan semua halaman blog anda terbaca oleh sebagian besar browser. Search Engine kurang menyukai terlalu banyak Flash, Frame atau java Script dalam blog anda, tetap buat sederhana dan robot akan meng index blog anda lebih cepat dan lebih akurat. Dan anda harus tetap menjaga blog anda dari link mati (hal ini merupakan tantangan untuk postingan lama dengan archieve yang besar).

3. Tema Blog – Banyak sekali teori yang mengatakan rangking SEO akan lebih baik jika anda mempunyai nilai yang mendasar dalam setiap postingan dengan tema yang sejenis, sebagai contoh blog dengan topik niche akan mendapatkan rangking lebih tinggi daripada blog dengan topik yang umum yang memasukan semua topik.membangun blog dengan 200 konten dengan tema yang sama akan meningkatkan kesempatan mendapatkan rangking yang baik karena search engine akan melihat blog anda mempunyai otoritas yang kuat dalam topik tersebut.

4. Update reguler – Lebih sering anda update blog anda makin sering mesin perayap dikirimkan untuk meng index blog anda. Hal ini berarti artikel baru anda akan kelihatan dalam index dalam hitungan hari atau beberapa jam atau minggu. Hal ini keuntungan alami dari blogging, lakukan update sesering mungkin berkelanjutan.

5. Interlink dalam blog anda – Cara search engine meng index blog anda dengan mengirimkan robot perayap kecil ke blog anda untuk menelusuri apa yang anda tulis dan mengikuti link yang ada. Akan lebih mudah untuknya untuk menelusuri seluruh blog dengan menggunakan link internal. Banyak SEO experts merekomendasikan anda untuk menyediakan site map.

6. Pilih nama domain dengan bijaksana – banyak hal yang perlu diingat saat memilih nama domain. Salah satunya mungkin anda akan memasukan kata kunci dalam nama domain. Kedua anda harus melakukan penelitian kecil jika seseorang mungkin lebih dulu menggunakan domain yang mirip tersebut. Hal ini mempunyai dampak positif dan negatif. Jika itu merupakan inbound link kepada anda mungkin itu suatu keuntungan, tetapi jika domain tersebut telah di banned atau dianggap spam mungkin juga blog anda akan di banned oleh google untuk selamanya.

7. Satu topik dalam satu postingan – Semakin anda fokus dengan tema pada halaman anda semakin baik ketika search engine datang untuk merangkingnya. Terkadang mungkin anda akan menemukan postingan lama anda tertutupi oleh beberapa postingan baru dengan topik yang berbeda. Lebih baik anda membuat postingan sederhana namun lebih fokus dengan topik yang sama dengan niche anda.

8. Outbound Link – banyak perdebatan mengenai bagaimana search engine menemukan outbound link dari blog anda. Saya salah satu yang berpendapat outbound link yang relevant akan meningkatkan rangking anda pada search engine. Saya akan memberikan link keluar kepada blog yang relevant dengan artikel saya, menurut saya pembaca akan menemukan hal yang bermanfaat untuk mereka. Catatan penting anda harus selalu membuat link ke blog yang yang mempunyai reputasi tinggi dan relevant denga halaman anda. Juga yang prlu diingat adalah terlalu banyak outbound link dapat berdampak merusak terhadap blog anda, hal ini yang paling penting dalam SEO.

9. Optimalkan Panjang Postingan – terdapat beberapa pemikiran yang beredar pada komunitas search engine halaman yang terlalu pendek sulit untuk mendapatkan rangking yang tinggi. Saya tetap mencoba untuk membuat postingan tidak kurang dari 250 kata. Tetapi jangan membuat postingan terlalu panjang dan berlebihan karena dalam pembuatannya akan lebih sulit menjaga kepadatan kata kunci dalam postingan tersebut.

10. Melakukan Ping – Layanan Ping gratis seperti Pingomatic akan memberikan ping dari banyak website untuk anda untuk memberikan pemberitahuan kepada mereka bahwa anda telah mengupdate postingan baru. Biarkan search engine mengetahui bahwa anda telah update blog ketika robot datang berkunjung ke blog anda.

11. Hindari Duplikat Konten – dalam panduannya Google memperingatkan publisher mengenai kesamaan konten dalam beberapa halaman. Contohnya dalam halaman anda terdapat artikel yang sama dengan blog lain. Hal ini dikarenakan salah satu strategi spammer yang sering membuat ulang sebuah konten dalam banyak halaman atau spammer mencuri konten dari blog lain. Hal ini masih menjadi perdebatan dikarenakan banyak para blogger menggunakan artikel gratis untuk konten di blog mereka, artikel ini bahkan mencapai ribuan jumlahnya. Penjelasan saya harus sangat berhati-hati mengenai seberapa banyak konten anda yang hilang karena hal ini, saya juga terkadang membuat ulang konten dari blog lain, namun jangan sering melakukan hal ini dan cobalah menambahkan bagian yang unik ketika membuat ulang konten tersebut.

12. Submit RSS ke MyYahoo – mengirimkan RSS feed anda ke MyYahoo agar terindex di Yahoo.

13. Submit ke Search Engine – anda dapat melakukan semua strategi onsite SEO didunia namun bisa saja tidak menghasilkan apapun dikarenakan Search engine tidak dapat menemukan blog anda ketika memulai pencarian. Setiap search engine memiliki cara brebeda untuk menemukan blog anda. Kirimkan URL anda ke semua search engine agar terindex, hal ini mungkin membutuhkan waktu yang lama.

14. Perbanyak Jumlah Konten – Selalu saja ada masalah ketika saya menulis banyaknya konten, tetapi kenyataanya memang seperti itu, blog besar dengan banyak konten lebih baik daripada blog dengan konten yang sedikit. Search engine akan melihat blog anda lebih komprehensif dengan banyak konten yang anda punya.
Saya ingin menegaskan semua teknik diatas telah saya coba dalam pegalaman saya  dalam berbagai hal saya juga belajar dari orang lain. Saya bukan SEO Expert tetapi semua hal yang saya lakukan diatas dapat anda lakukan juga bahkan mungkin hasilnya akan lebih baik dari saya.
Selesai sudah tulisan saya Cara membuat blog yang SEO Friendly, semoga bermanfaat.

3 komentar:

masibens said...

Informasi untuk blogging yang sangat membantu. Trims

Unknown said...

Sama-sama mas, semoga bermanfaat

SEO BALI said...

keren mas jadi informasi tambahan buat saya.....


Powered by Blogger.